Huhu .. untuk pertama kalinya nad terserang alergi hebat. Dulu pernah sih waktu di pekanbaru nad ngga sengaja makan snack *enak loh rasa udang madu* langsung bentol gituu, tapi sempet curiga juga karena waktu itu baru balik setelah ninggalin kamar selama 2 bulan, jadi kebayang dong debunya.. boleh jadi bentolnya karena debu.

Pernah juga gatel abis makan udang tapi udang air tawar, nad kan ngga pernah makan jadi ngga cocok mungkin. Itu juga sekeliyep dibawa mandi ilang. Ngga nad hitung sebagai alergi juga karena, biasanya makan apaaaa aja mau udang kepiting, name it, nad insya allah gapapa tuh makannya.

Ceritanya gini, pas hari minggu, nad makan malam ikan ama udang, ngga ada reaksi apa – apa. Pas bangun pagi, agak ngerasa koook ni kaki gatel. Garuk dikit, terus ilang gatelnya. Cuma ngerasa iya rada bentol. Biasa aja sih perasaan. Yasuuud habis itu nad seharian ama mama di mall, maksi disana. Makannya ayam rica -rica. Dan fine aja. Diperjalanan pulang mulai ngerasa lagi, ini kaki kenapaaa ya gatel bener😦

Firasatnya ih karena celana baru kali yaaa jadi agak ngga nyaman *biasanya ga pernah di cuci juga kalo baru beli sih* pas dirumah oyeeee ini kaki kenapaaaa.. udah pada bentol merah. Mikirnya sih karena udang ya😦 tapi ngga mungkin juga udah sering makan udang kok baru sekarang gatel.

iseng – iseng browsing, baca tentang alergi..

Alergi atau hipersensitivitas tipe I adalah kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik)atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik. Dengan kata lain, tubuh manusia berkasi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen.

Mikir, salah makan apaaa ya? Udang? Bukan sekali ini.. Ikan? terus inget – inget yang baru paling minum susu kedelai deh, tapi apa iya?

Sampe hari selasanya malah tambah parah! Kan makan udang udah minggu masa masih gatel😦 *malamnya makan ayam* selasa malam ke dokter, katanya ini alergi. Nad di suntik, dikasi obat dan salep.. ihhh ga enaaaak!

Masih bingung alergi apa, tapi nad embat aja ayam dirumah*laper* terus kata mama bisa aja alergi ayam juga, karena udah nambah – nambah aja walau sudah berobat!

Akhirnya rabu pagi nad coba makan ayam, siangnya udah ngga makan ayam tapi makan tim tahu ama sayur. Malam ini juga begitu. Kita coba lihat deh syukur syukur kurang karena yang nad liat sih tambah parah.

Mulai besok 3 hari kedepan nad makan tim tahu ama sayur/tempe dulu, kalo kurang berarti emang alergi daging ayam. Minum susu kedelai juga stop dulu, minum teh hijau ama puree labu aja tiap hari. Dan puree pare atau daun pepaya katanya bisa bikin alergi hilang.

Aduuuh drama banget karena nad nangiiis aja bawaannya, merengek cranky. Tadi nyoba foto alerginya, duh enek sendiri masa foto penyakit di pampang di blog. Cukup tau aja lah yaaa cerita parahnya gimana. Syukur juga ga pake sumeng apa segala soalnya rempong dong mama udah berlima kita dirumah sekarang.

Kayaknya nad jadi vegan ajaaa deh klo gini..

XoXo,

Nadya